Fungsionalisme dan Behaviorisme


 Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr. wb

Jumpa lagi di blog ketiga nih, perkenalan lagi lah ya...

Sebelumnya perkenalkan kembali nama saya Lidya Hanum dari Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas dengan NIM 2310321022. Untuk pertemuan ke-4 kali ini saya akan membahas materi pembelajaran yang akan dibahas pada hari Senin tanggal 18 September 2023. Bertujuan memenuhi tugas mingguan Psikologi Umum oleh bu Mafaza, S.Psi., M.Sc dengan dua dosen pengampu lainnya yaitu bu Diny Amerike, S.Psi.,Psikolog, dan bu Puji Gufron Rhodes,S.Psi.,M.A. Dengan judul materi Fungsionalisme dan Behaviorisme.

AWAL PERKEMBANGAN PSIKOLOGI DI AMERIKA

            Menurut pendapat banyak ahli mengatakan bahwa psikologi di Amerika Serikat tidak ada sebelum Titchener dan Wikkian James. Dimana James McKeen Cattel mengatakan sejarah psikologi di Amerika berawal sebelum tahun 1880-an yang ia sampaikan dalam pidato kepresidenannya di Kongres Internasional Psikologi Kesembilan di salah satu Universitas tertua di Amerika Serikat yaitu Universitas Yale yang berada di New Haven. 
            Cattel menganggap bahwa hanya psikologi eksperimental adalah nyata psikologi dan segala hal lainnya yang merupakan filosofi mental maupun moral. Seorang ahli psikologi yang bernama Titchener mendukung dan setuju dengan pendapat Cattel dengan menegaskan bahwa psikologi eksperimental harus sepenuhnya dipisahkan satu sama lain dengan ilmu filsafat terutama dari teologi.Namun kedua argumen ahli psikolog ini mengabaikan sebuah fakta dimana psikologi eksperimental tumbuh dari psikologi non-eksperimental dengan makna lain untuk memahami yang pertama dari diri seseorang harus memahami yang terakhir.
            JW Fay seorang ahli psikologi sebelum William James meluruskan pendapat Cattel dan Titchener pada tahun 1939, kemudian pada tahun 1952 AA Roback menulis Sejarah Psikologi Amerika dengan menelusuri psikologi Amerika sampai ke masa kolonial. Pada tahun 1984 Josef Brozek mengedit buku Eksplorasi dalam Sejarah Psikologi di Amerika, disimpulkan deskripsi sehakian tentang empat tahap perkembangan awal psikologi di Amerika Serikat yaitu:
  • Tahap Satu : Filsafat Moral dan Mental (1640-1776)
                    Topik-topik psikologi seperti etika,keilahian,dan filsafat masuk pada awal periode 136 tahun filsafat moral dan mental. Dimana selamanya ini psikologi menyangkut masalah jiwa dengan apa yang diajarkan bukan dipertanyakan. Yang diman mempelajari psikologi berarti mempelajari teologi yang didapatkan ketika itu, pelajaran mengenai psikologi juga digabungkan dengan indoktrinasi agama. Didirikannya Harvard yang dimana Universitas Amerika pertama dengan mengikuti model universitas Inggris yamemiliki tujuan utama untuk melestarikan keyakinan agama.

                    Pada tahun 1714 dimulailah periode "Pencerahan Amerika" sebelumnya tepatnya tahun 1690 di masa John Locke Esai Tentang Pemahaman Manusia Yang berjudul "An Essay Concerning Human Understanding" terbitnya buku ini memperluas pengaruhnya. Dimana buku ini berisi topik yang bersifat psikologi,seperti psikologi anak,hakikat kesadaran,hakikat pengetahuan,introspeksi,dan persepsi. Ilmu filsafat yang disampakian Lockean menjadi pondasi untuk logika dan psikologi psikologilah ilmu yang mendukung keyakinan agama seseorang. sesuai apa yang disampaikan Roback "Psikologi ada demi logika,dan logika demi tuhan"

  • Tahap Kedua : Filsafat Intelektual (1776-1886)
                    Psikologi menjadi disiplin ilmu terpisah di Amerika di masa filsafat intelektual dipawah pengaruh filsafat akal sehat Skotlandia. Filsafat akal sehat Skotlandia merupakan suatu reaksi terhadap filsuf seperti Hume,yang menyampaikan bahwa tidak ada yang bisa diketahui dengan pasti dimana hukum moral dn ilmiah tidak lebih dari sebuah kebiasaan mental. Para filsuf Skotlandia menyatakan pemeriksaan diri, atau introspeksi, menghasilkan informasi yang valid dan moralitas didasarkan pada sebuah intuisi yang terbukti dengan sendirinya. Filsafat akal sehat menunjuknan sebuah implikasi yang jelas bagi teologi.
                    Filsuf Skotlandia yang bernama Dugald Stewart yang berjudul "Elemen Filsafat Pikiran Manusia" menulis sebuah buku dengan topik yang berisi Persepsi, ingatan, imajinasi, asosiasi, perhatian, bahasa dan pemikiran. Setelah buku tersebut muncul kemudian pemikiran yang memiliki kemiripan dengan filsuf Skotlandia bermunculan sepertu Noah Porter's pemikirsn mengenai akal sehat manusia dengan Pengantar tentag Psikologi dan Jiwa dengan topik yang mencakup psikologi sebagai cabang fisika,psikologi sebagai ilmu,kesadaran,persepsi indera,dan perkembangan pikiran,asosiasi ide,memori,dan alasan.

  • Tahap Ketiga : Renaisans AS (1886-1896)
                       Pada masa ini psikologi sepenuhnya bebas dari agama dan filsafat dan menjadi ilmu empiris. Pada tahun 1887 terbit Jurnal Psikologi Amerika untuk yang pertama kalinya dan pada tahun 1890 Prinsip Psikologi oleh William James diterbitkan. Hal ini menandai awal dari ilmu psikologi yang menekankan perbedaan individu,adaptasi terhadap lingkungan,dan kepraktisan. Karena itu psikologi sangat cocok dengan teori evolusi. Ameika Serikat adalah sebuah lahan fisiognomi,frenologi,mesmerisme dan spiritalisme dengan praktik yang bertujuan untuk membantu individu menjalani kehidupan yang lebih efektif.

  • Tahap Keempat: Fungsionalisme AS (1896-Saat ini)
                        Pada masa ini lebih memperhatikan kepada kepraktisan,penekanan pada individu dan teori evolusi yang digabungkan ke dalam sekolah fungsionalime. Terbitnya artikel John Dewey "The Reflex Arc Concept in Psychology" yang menandai awal munculnta fungsionalisme lainnya adalah dengan diterbitkannya buku James pada tahun 1890 mengenai Prinsip Psikologi. Bagi para sutrukturalis tujuan psikologi adalah untuk memahami struktur pikiran dan alat penelitian utama adalah introspeksi. Menurut para fungsionalis psikologi dipahami dari teori evolusi dengan tujuan psikologi adalah untuk memahami bagaimana pikiran dan pelaku berkerja dalam penyesuaian organisme terhadap suatu lingkunga, dan alat penelitian yang mencakup segala hal yang informatif dengan penggunaan introspeksi studi mengenai perilaku hewan,dan tentang orang yang mengalami cacat mental.


KARAKTERISTIK FUNGSIONALISME
  1. Para Fungsionalis menentang anggapan sebagai steril untuk elemen-elemen kesadaran yang melibatkan para strukturalis.
  2. Para Fungsionalis ingin memahami pikiran dibandingan memberi deskripsi statis mengenai isinya.
  3. Para Fungsionalis menharapkan psikologi menjadi ilmu praktis,bukan ilmu murni dengan berusaha menerapkan dalam kehidupan,dunia pendidikan,indutri dan sebagainya.
  4. Para Fungsionalis mendesak psikologi mengenai hewan,anak-anak, dan manusia abnormal untuk dilakukannya penelitian dan juga mendesak perluasan metodologi untuk hal-hal seperti teka-teki,labirin, dan tes mental.
  5. Para Fungsionalis tertarik dalam "why" agar berfokus pada perhatian yang diikuti dengan motivasi (atensi) dalam mengoptimalkan proses mental dan perilaku dengan maksud walaupun organisme berada dalam lingkungan yang sama, namun pada perubahan kebutuhan ia dapat bertindak berbeda.
  6. Para Fungsionalis menerima proses mental dan perilaku sebagai materi dasar yang di pelajari dalam psikologi dengan mempercayai introspeksi sebagai salah satu  dari banyaknya alat dalam penelitian valid.
  7. Para Fungsionalis lebih tertarik dan memfokuskan pada perbedaan antara individu dari pada persamaan individu.
  8. Yang mempengaruhi Fungsionalisme adalah William James dan Teoru evolusi Darwin.

WILLIAM JAMES

          William James memaparkan transisi antara psikologi Eropa dan psikologi Amerika Serikat.Ide ide beliau tidak cukup berkembang untuk menjalankan sebuah aliran pemikiran namun lebih menjadi ide-ide untuk menjadi sumber yang akan dikembangkan menjadi aliran fungsionalisme.
            William James lahir pada 11 Januari di New York City, Ia memulai pemikiran mengenai psikologi Amerika Serikat diawali dengan penerbitan teori "Prinsip". Dimana pemikiran Jmes lebih berpengaruh dari pada Tichener dengan bukti setelah teori "Prinsip" James muncul teorinya tersebut direspon baik olah para ahli dan menimbulkan perdebatan oleh Wundt sebagai seorang bapak Psikologi dunia.


HUGO MUNSTERBERG
           
            Lahir pada tanggal 1 Juni di kota pelabuhan Prusia timur Danzig Musterberg dikenal sangat baik oleh banyak orang karena pemikirannya tentang psikolofi terapan. William James mempopulerkan psikologi di dunia akademis sedangan Musterberg membantu dalam mempopulerkan psikologi di kalangan masyarakat umum dengan tujuan mempermudah pratisinya. Munsterberg adalah orang pertama yang meneraapkan prinsip psikologi dalam hukum sehingga menciptakan Psikologi Forensik dengan menunjukkn bahwa kesaksian saksi mata bisa saja tidak digunakan karena kesa indrawi bisa jadi ilusi,sugesti dan stres bisa memengaruhi persepsi, dan daya ingat tidak selalu akurat. Munsterberg mendesak agar metode psikologis dapat menggantikan interogasi brutal terhadap seorang penjahat. ia menuangkan psikologi forensik dalam sebuah buku yang sangat laris di Stand Saksi di dalam buku tersebut ia menggambarkan alat yang dapat mendeteksi kebohongan dengan melakukan pengamatan terhadap perubahan denyut nadi dan pernapasan.
 

GRANVILLE STANLEY HALL

            Hall adalah orang yang berpengaruh kedua dalam perkembangan Psikologi Amerika Serikat setelah William James. Hall mendirikan laboratorium psikologi pertama di Amerika Serikat tepatnya di Johns Hopkins dan menciptakan jurnal AS pertama yang membahasa masalah psikologi pada tahun 1887. Hall adalah seorang guru dari di McKeen Cattell dan John Dewey yang menjadi tokoh kunci dalam fungsionalisme.


FUNGSIONALISME DI UNIVERSITAS CHICAGO
  •  JOHN DEWEY
                    Dewey mengelompokkan elemen atau unsur-unsur perilaku refleks menjadi prose sensorik, proses otak, dan proses motorik untuk dilakukan penganaliasaan. Menurut Dewey, ada unsur perilaku yang memiliki kesamaan dengan unsur kesadaran. Untuk menghasilkan tujuan yang berhubungan dengan kelangsungan hidup organisme ketika unsur refleks tersebut harus terkoordinasi dengan baik.

                    Contohnya, seorang yang terinjak benda tajam. Analisisnya ketika kaki tidak sengaja menginjak benda tajam, maka tubuh secara spontan menarik kaki dari benda tajam. Rasa tidak nyaman pada kakinya mengubah persepsi orang tersebut terhadap benda tajam dan menghindarinya. Dewey menyarakan sebaiknya agar semua perilaku dilihat dari segi fungsiya untuk penyesuaian diri organisme dengan suatu lingkungan.
        
                    Seorang evosionalis,Dewey berpikiran bahwa perubahan sosial tidak dapat dihindari, namun Dewey pecaya bahwa perubahan sosial  dipengaruhi oleh tindakan yang sangat baik. Dewey tidak setuju dengan metode menghafal yang di terapkan dalam dunia pendidikan. Ia percaya bahwa pendidikan harus bisa membuat kecerdasan yang kreatif dan mempersiapkan generasi muda hidup secara efektif dalam dunia masyarakat.

  • JAMES ROWLAND ANGELL
                Ada tiga poin utama yang di sampaikan Anggel dalam sebuah pidatonya,yaitu: 
  1. Psikologi fungsional lebih cenderung condong pada operasi mental dari pada elemen sadar.
  2. Psikologi mental yang menggabungkan kebutuhan organisme dan lingkungan. Artinya fungsi proses mental membantu organisme bertahan hidup.
  3. Pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, mereka bertindak sebagai satu kesatuan organisme untuk bertahan hidup.                
                Dengan menggabungkan teori evolusi,fungsionalisme akan menghasilkan wawasan yang lebih luas dengan tidak hanya mempelajari rentang kesadaran, tetapi juga perilaku hewan,psikologi anakm pembentukan kebiasaan, dan perbedaan individu. Selanjutnya penerapan pragmatis yang kuat anak mendorong penerapan prinsip-prinsip psikologis dalam dunia pendidikan,bisnis, dan psikologi klinis.

  • HARVEY CARR
Adaptive act adalah inti psikologi menurut pendapat Carr dengan tiga komponen bagian, yaitu:
  1. Lapar dan Haus suatu contoh Motif yang bertindak sebagai stimulasi dalam melakukan sesuatu (perilaku)
  2. Stimulasi individu dan pengaturan lingkungan
  3. Respon terhadap motif tersebut, seperti makan dan minum
Kebutuhan primer harus dipenuhi untuk bertahan hidup. Persepsi dan perilaku sangat diperlukan untuk beradaptasi dengan lingkungan karena lingkungan akan memunculkan annggapan yang akan menentukan bagimana suatu organisme dapat meresponnya pendapat tersebut disampaikan oleh Carr

Selain tindakan adaptif mempelajari mengenai saraf manusia,organ indra,belajar,mengamati,bernalar,kasih sayang, kemauan, perbedaan individu,pengukuran dan persepsi ruang adalah hal yang di pelajari oleh Carr


FUNGSIONALISME DI UNIVERSITAS KOLOMBIA
  • JAMES MCKEEN CATTEL
              Cattel menyatakan segala kegiatan yang dilakukan oleh seseorang secara tidak sadar merka telah menerapkan psikologi terapan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Perilaku adalah suatu tindakan yang tidak selalu harus dikendalikan,namun pada penggunaan prinsip-prinsip psikologisnya yang valid dalam berperilaku tersebut.

  • ROBERT SESSIONS WOODWORTH
               Woodworth psikologinya disebut sebagai psikologi dinamis. Woodworth tidak setuju dengan pengaruh rangsangan,proses otak,dan respon terhadap penyesuaian lingkungan. bagi Woodworth suatu organisme adalah suatu yang penting sesuai dengan kode yang ia tekankan Stimulus-organisme-respon. Organisme akan menunjukkan tindakan yang berbeda, sesuai pada pa yang dibutuhkan. Dimana kondisi internal organisme juga berpengaruh besarterhadap perilaku organisme tersebut.

  • EDWARD LEE THORNDIKE
                  Animal Research Before Thorndike = Menghubungkan pemikiran manusia dengan hewan
Contoh : Orang Romawi mengaitkan emosi dengan kemarahan,ketakutan,kecemburuan untuk memancing suatu kasih sayang,simpati dan kebanggan pada burung.

                    Thoendike's Puzzle Box dengan melakukan penelitian dan menjadikan kucing sebagain subjek penelitiannya. Kotak di atur agar kucing mengeluarkan respon tertentu. Ketika kotak itu dibuka, kucing itu diizinkan utntuk melarikan diri dan menerima hadiah berupa sepotong ikan. Dari penelitian tersebut dihasilkan kesimpulan sebagai berikut:
  1. Pembelajaran bersifat inkremental,yaitu secara bertahap
  2. Pembelajran terjadi secara spontan tanpa dipengaruhi pikiran
  3. Prinsip pembelajaran manusia sama dengan hewan mamalia
                     Koneksionalisme = Bagaimana hubungan antara sensorik dan tanggapan berubah menjadi pengalaman.

                      The Laws of Exercise and Effect = Hukum latihan dan akibat yang dimana hukum latihan terdiri dari hukum penggunaan yaitu semakin sering sebuah asosiasi dipraktikkan,maka akan semakin kuat dan sebaliknya disebut hukum tidak digunakan.
Sedangkan hukum akibat adalah jika asosiaso diikutu dengan keadaan yang memuaskan , maka akan semakin kuat dan sebaliknya jika diikuti dalam keaadan menggangu maka akan semakin lemah.

                        The Transfer of Training = Teori yang mempelajari sejauh mana informasi dalam suatu informasi akn dipisahkan ke situasi lain yang ditentukan oleh kesamaan dari kedua situasi tersebut.


LATAR BELAKANG BEHAVIOUR

Tokoh yang mengenalkan behaviorisme pertama kali adalah John B. Watson. Ia berpendapat bawah tujuan utama psikologi adalah membuat prediksi dan pengendalian para perilaku yang dapat dirasakan melalu indra seseorang yang dapat diukur.
  1.  Adanya makalah yang disebarkan secara luas oleh John Broadus Watson pada tahun 1878 sampai tahun 1958 yang berjudul "Psychology as the Behaviorist Views It".
  2. Adanya dua aliran yaitu strukturalisme dan fungsionalime.
  3. Kecendrungan studi yang objektif tingkah laku dalam psikologi
Pada behaviorisme terdapat tiga prinsip,yaitu:
  • Behaviorisme memfokuskan respon terkondiri sebagai elemen pembangun perilaku.
  • Perilaku dipelajari sebagi konsekuensi pengaruh dari suatu lingkungan
  • Manusia dan hewan itu sama sehingga ketika mempelajari perilaku hewan dapat di gunakan untuk mengetahui perilaku manusia lebih lanjut.

PSIKOLOGI OBJEKTIF RUSIA
  • IVAN M.SECHENOV
                Sechenov menyampaikan bahwa pikiran tidak menyebabkan adanya perilaku. Perilaku stimulasi eksternal dihasilkan dari proses fisiologis di dalam otak. Menurut Sechenov yang menyebabkan refleksi dan pemicuan rangsangan dari luar adalah perilaku terbuka atau oerilaku terselubung. Sechenov melibatkan inhibiti untuk penjelasan mengenai gerakan yang dikoordinasi menjadi mulus tanpa menggunakan konsep metafisik subjektif seperti jiwa dan pikiran, danakan menimbulkan mekanisme inhibisi (penghambatan di otak lalu menyimpulkan psikologi sebagai ilmu yang dapat dipelajari sebagai fisiologi.

  • IVAN PETROVITCH PAVLOV
                  Pavlov merupakan pelopor psikologi di Rusia pada aliran behaviorisme. Menurut yang ia amati secara objektif kesadaran tidak dapat diobservasi secara nyata sehingga bertentangan dengan teori behaviorisme.


J.B WATSON

                Tujuan dari studi psikologi adalah untuk memprediksi dan mengatur perlaku manusia. Psikologi dapat meprediksi dapat memprediksi respon yang diperoleh dari petunjuk stimulus.Menurut Watson stimulus bisa berasal dari kondisi lingkungan sekitar atau kondisi internal suatu organisme. Sedangan respon adalah suatu hal yang dilakukan oleh suatu organisme. Teori Watsin disebut "the psychology of twitchism", yaitu suatu gerakan reflek yang ditimbulkan oleh stimulus tertentu.

Jenis perilaku dan cara mempelajarinya terdiri dari 4 jenis yaitu:

- Jenis
  • Explicit (Jelas/Terbuka) = Dipelajari seperti berbicara,menulis dan bermain bola
  • Implicit (Tersembunyi) = Dipelajari seperti peningkatan detak jantung yang disebabkan terkejut melihat makluk goib
  • Explicit (Tidak di pelajari) = Menggenggam,berkedip,bersin,dll
  • Implicit (Tidak dipelajari) = Sekresi,sirkulasi,dll
- Cara mempelajari
  • Obsevation/Pengamatan 
  • The Conditioned-reflex method
  • Testing
  • Vetbal Sports
Bahan dan Pemikiran = Bahasa dan pikiran wajib diubah menjadi bentuk perilaku. dengan berbicara secara terbuka dan berpikir adalah senis perilaku yang objektif. 
    Berbicara merupakan sikap terbuka dan tidak adanya masalah spesifik yang timbul ketika berbicara
    Berpikir adalah ucapan implisit karena langsung dihasikannya gerakan lidah dan laring. menurut Watson gerakan-gerakan kecil lidah dan laring akan disertai oleh pikiran.

Peran Naluri dalam Perilaku
Menurut Watson naluri hanyalah hasil dari kebiasaan yang dilakukan oleh manusia.
Contoh : Seorang anak ustad bisa menjadi orang jahat ketika bergaul dengan lingkungan dan orang-orang yang jahat.

Emosi = Yang mewarisi emosi adalah ketakutan,amarah,dan cinta yang dimana emosi dapat dipicu melalui stimulus-stimulus seperti kebencian,kesombongan,kecemburuan,dan rasa malu berasal dari ketakutan,kemarahan dan cinta.


WILLIAM MC DOUGALL
            Dougall mendefenisikan psikologi sebagai ilmu perilaku dengan mempercayai pentingnya peristiwa mental. Dougall adalah seorang behavioris metodologis

Jenis Perilaku lain selain refleksid menurut Dougall
  • Perilaku bersifat spontan
  • Perilaku dapat bertahan dalam waktu yang lama dan berhenti ketika tujuanya tercapai
  • Perilaku dapat bertahan walaupun stimulus berkurang /pun tidak ada
  • Perilaku itu bervariasi
  • Perilaku purposive akan efektif jika dilakukan dengan latihan.
Dougaal melihat perilaku didorong oleh insting dari pada lingkungan. Psikologinya disebut Psikologi Hormik

Pentingnya Naluri
Tiga komponen naluri yaitu:
  • Persepsi
  • Tingkah Laku
  • Emosi

NEOBEHAVIORISME

            Merupakan perpaduan antara bahaviorisme dengan posivisme logis. Positivisme logis mengacu pada pemikiran para filsuf WINA pada tahun 1924 dimana rumus teoritis harus bersumber dari pengamatan empirik dan dapat menjelaskan sebuah fakta-fakta empiris.

Karakteristik dari Neobehaviorisme yaitu:
  1. Teori yang digunakan harus sesuai dengan positivisme logis
  2. Semua istilah teoritis harus diartikan secara operasional
  3. Hewan digunakan sebagai subjek penelitian
  4. Proses pembelajaran merupakan sebuah mekanisme dimana organisme meyesuaikan diri dengan lingkungannya
Tokoh Berpengaruh 

  • Edward Chase Tolman dengan dua pemikiran yang cukup populer yaitu;
  1. Purphosive Behaviorisme
  2. Intervening Variabel
  • Burrhus Frederic Skinner dengan dua teori pendukung teorinya,yaitu:
         1. Operan Conditioning dengan 4 prinsip yaitu:
                Positive reinvorcement  =ex: Ketika seseorang memberikan pujian kepada orang lain maka akan dibalas dengan senyuman dan rasa bahagia.
                - Negative reinforcement =ex: Berhenti menegur seseorang ketika melakukan perilaku kooperatif
                - Punishment = ex: Memberikan teguran kepada anak yang berkata tidak sopan
                - Extincation = ex : Membiarkan anak tantrum ketika ingin meminta sesuatu
            
         2. Scedule of Reinforcement
                    Denggan menggunakan tikus putih yang diletakkan di dalam box sebagai percobaan. dan dikenal dengan istilah Skinners Box.

Menurut Skinner Psikologi adalah segala perilaku yang dipertimbangkan, dengan aturan yang akan tetap sama yaitu dengan mengubah kemungkinan penguatan dan mampu merubah perilaku.


Sekian blog saya kali ini saya sudahi 

Wassalamualaikum wr.wb

Komentar